Minggu, 11 Oktober 2009

Keunggulan Strategis TI

Lingkungan suatu perusahaan terdiri dari delapan elemen utama. Elemen-elemen lingkungan ini adalah organisasi atau individu yang berada di luar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung kepada perusahaan.
Kedelapan elemen tersebut adalah sebagai berikut:
  • Pemasok: menyediakan material, mesin, jasa, dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk menghasilkan barang dan atau jasa
  • Pelanggan: pembeli dari barang dan atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
  • Serikat Pekerja: organisasi dari para pekerja perusahaan
  • Masyarakat Keuangan: Lembaga-lembaga yang menyediakan sumber daya keuangan bagi perusahaan
  • Pemegang Saham: pemilik yang menanamkan modalnya pada perusahaan
  • Pesaing: organisasi atau perusahaan yang bersaing dengan perusahaan di pasar
  • Pemerintah: mempengaruhi perusahaan melalui serangkaian kebijakan dan programnya
  • Masyarakat Global: wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya

Elemen-elemen tersebut di atas membentuk supersistem yang disebut masyarakat. Sumber daya mengalir antara perusahaan dengan elemen-elemen lingkungan.
Perusahaan menggunakan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif pada awalnya dimulai dengan membuat hubungan komputer dengan pelanggan. EDI (Electronic Data Interchange) memberikan dasar teknologi bagi perusahaan-perusahaan untuk berkumpul membentuk sistem antar organisasi - IOS (Inter Organizational System). EDI dapat menangani transmisi elektronik kepada dan dari para pelanggan , pemasok, pemerintah, dan masyarakat keuangan. Arus informasi dengan elemen lainnya lebih sukar dilakukan secara elektronik, dan menggunakan hubungnan non-komputer. Arus informasi antara semua lingkungan sangat penting terhadap keunggulan kompetitif.


Sumber daya informasi terdiri dari:

  • Perangkat keras komputer
  • Perangkat lunak komputer
  • Spesialis informasi
  • Fasilitas
  • Database
  • Informasi

Sumber daya informasi tersebut dikelola oleh CIO (Chief Information Officer),sebagai manajer jasa informasi yang menyumbangkan keahliannya dalam memecahkan masalah yang berkaitan dengan sumber daya informasi maupun area operasi perusahaan lainnya.


Pendekatan dari perencanaan strategis sumber daya informasi diawali dengan strategy set transformation, yang kemudian menjadi strategic planning for information resources.


strategy set transformation :

langkah I --> Kumpulan strategi organisasi, memuat: misi, tujuan, strategi, atribut strategi organisasi lainnya

Langkah II --> Management information system strategy set, memuat: tujuan, kendala, dan strategi rancangan sistem. Kelemahan dari pendekatan ini area-area fungsional tidak selalu memiliki sumber daya untuk menjamin tercapainya tujuan strategis perusahaan.


strategic planning for information resources :

Pada pendekatan ini perencanaan strategis jasa informasi dengan perencanaan strategis perusahaan dikembangkan secara bersamaan. Rencana perusahaan mencerminkan dukungan yang dapat disediakan oleh jasa informasi, dan rencana jasa informasi mencerminkan dukungan sistem di masa depan.
Isi rencana strategis sumber daya informasi:

  1. Tujuan-tujuan yang akan dicapai oleh tiap-tiap subsistem CBIS (Computer Based information System) selama periode perencanaan
  2. sumber daya informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan tersebut

End User Computing

Pemakai akhir dapat digolongkan menjadi empat tingkatan berdasarkan pengetahuannya:

  • menu-level end-users
  • command-level end-users
  • end-users programmers
  • functional support personnel

Manfaat end-user computing:

  1. pemindahan beban kerja
  2. mengurangi kesenjangan komunikasi

Resiko end user computing:

  1. sistem yang tidak tepat sasaran
  2. sistem yang tidak baik rancangan dan dokumentasinya
  3. penggunaan sumber daya informasi yang tidak efisien
  4. hilangnya integritas data
  5. hilangnya keamanan

Manajemen sumber daya informasi (MSDI)

Manajemen sumber daya informasi melibatkan semua manajer yang ada dalam perusahaan. MSDI dapat berkembang dengan kondisi:

  1. perusahaan berusaha memanfaatkan informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif
  2. para eksekutif menyadari jasa informasi sebagai suatu area fungsional utama
  3. CIO diterima dalam lingkungan elit eksekutif
  4. dalam perencanaan strategis, eksekutif memperhatikan sumber daya informasi
  5. adanya suatu rencana strategis sumber daya informasi yang formal
  6. diperhatikannya masalah end-user computing

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar